Selasa, 26 Januari 2016

Cafe Bukan Hanya Sarana untuk "Nongkrong" dan Foto-Foto, ini Manfaat Lain Saat Kita Ada di Cafe.







Cafe, atau Kedai Kopi jika di Bahasa Indonesia-kan, menjadi salah satu tempat yang semakin menjamur di lingkungan sekitar ibu kota dalam beberapa tahun belakangan.  Terus berkembangnya gaya dan kebutuhan hidup diimbangi dengan kreatifitas dan kemauan kuat para pembuat tempat penyedia kopi, tak pelak membuat kita tidak kesulitan menemukan tempat bertema kopi yang bermuasal dari Negara pemilik “Kota Mode”, Prancis ini.


Mulai dari sekedar tempat bercengkrama melepas gulana dan update sosial media, tak jarang pula Cafe dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan lain, seperti mengerjakan tugas maupun pekerjaan. Tidak hanya 'Kopi'nya yang jadi primadona, berbagai Cafe juga menyediakan fasilitas-fasilitas dan kenyamanan yang bisa menarik minat para pelaku hidup 'kekinian'.

Selain sebagai tempat hiburan tepat, Cafe juga memiliki manfaat lain yang bisa kita dapat saat mengunjunginya, terutama saat kita tengah mengerjakan suatu tugas maupun pekerjaan.


  • Mendapatkan Ketenangan


Sebagian besar Cafe selain tentunya menyediakan kopi dan minuman serta makanan yang beragam, juga menyajikan alunan musik sebagai sarana menarik lain selain tentunya fasilitas wi-fi gratis. Mendengarkan musik terbukti dapat merileksasi pikiran. Rangsangan ritmis yang dihasilkan musik mampu membuat pikiran menjadi lebih rileks, serta menimbulkan perasaan positif, nyaman dan tenang.

  • Mendapatkan Ide dan Inspirasi


Jika memesan kopi, otomatis kita akan mendapatkan manfaat dari kopi itu sendiri. Kandungan Kafein pada kopi dapat meningkatkan aspek dari fungsi otak, antara lain, memori, suasana hati, energi, dan fungsi umum kognitif. Meminum kopi akan memungkinkan kita untuk mendapatkan lebih banyak ide yang bisa menginspirasi kita melakukan suatu hal yang positif dan kreatif.

  • Lebih Produktif



Cafe bukan merupakan suasana yang kita dapatkan secara 'primer' dalam kehidupan sehari-hari kita, seperti dirumah, sekolah, kampus, ataupun kantor. Hal itu menjadikan cafe merupakan tempat yang memberikan suasana baru bagi kita. Suasana baru diluar kebiasaan dan rutinitas dapat menghasilkan beberapa keuntungan bagi kita. Diantaranya adalah meningkatkan produktifitas. Berbagai kreatifitas dan inspirasi baru akan mulai bermunculan ketika kita mendapatkan suasana yang baru.

  • Bersemangat


Jika sudah mendapatkan ketenangan, suasana hati yang baik, ide dan inspirasi pun bergemuruh datang mengunjungi benak fikiran kita. Jika sudah begitu, semangat pun tak sulit kita dapatkan. Apapun yang kita lakukan jika ada semangat akan terasa lebih nikmat dan hasil yang didapatpun akan lebih baik. Semangat yang kita dapat, memungkinkan kita menghasilkan sesuatu yang lebih bermakna, bagi diri sendiri, dan bahkan orang lain. 


Cafe atau Coffee Shop memang tengah menjadi gejala gaya hidup baru tersendiri bagi sebagian besar kalangan anak muda (meskipun cafe adalah tempat yang cocok untuk semua umur). Jika menilik 5 sampai 10 tahun kebelakang, tentu tingkat keberadaan Cafe tidak sebesar seperti sekarang.

Fenomena mewabahnya Cafe bisa kita ambil kesan positifnya, selain sebagai sarana hiburan yang menarik atau sekedar foto-foto semata, Cafe juga bisa jadi stimulus semangat kita untuk mengerjakan sesuatu yang positif dan lebih berguna.


Ngopi yuk! 
 

1 komentar: