Jumat, 22 April 2016

7 Hal Sepele Yang Membahayakan Kesehatan Tapi Sering Kita Lakukan

Siapa yang aktivitas sehari-harinya begini?
http://cob.rikkyo.ac.jp/en/extracur/images/pik/SGC1.jpg
Gaya hidup modern yang menuntuk berbagai aktivitas padat, mengharuskan kita menjalani rutinitas tersebut tanpa memperhatikan kondisi diri sendiri, kesehatan fisik maupun mental misalnya. Aktivitas dan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari akan berdampak besar bagi kondisi kesehatan kita. 
Merokok, mengkonsumsi alcohol, makan berlebihan, atau kurang tidur jelas sudah jadi gaya hidup yang kurang sehat, namun, selain kegiatan-kegiatan tersebut, ternyata ada beberapa hal sepele yang sering kita lakukan, namun tanpa kita sadari bias membahayakan kesehatan kita!

1.      Mengantongi Handphone/Gadget Pada Saku

Awas di jambret mas,mba!
http://articles.snowballsunderwear.com/wp-content/uploads/smartphone_pocket_w1024.jpeg
Hal ini tentu biasa kita lakukan, terutama bagi kaum pria, yang lebih sering menyimpan ponsel pada saku celana. Biasanya, wanita lebih sering meletakkan ponsel di dalam tas mereka. Namun tak jarang juga ada wanita yang meletakkan ponsel dalam kantong celana.
Environmental Working Grup (EWG) menghasilkan suatu penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa tiap pria yang menyimpan ponsel di saku celana mengalami gangguan sperma akibat radiasi ponsel.
Bahkan, ponsel masih menyisakan risiko mandul pada pria sebesar 30 persen jika tidak benar-benar dimatikan saat dikantongi di celana.

2.      Memakai Celana Jeans Ketat Dalam Waktu Lama

Nengok dong!
http://i.huffpost.com/gen/3107238/images/o-SKINNY-JEANS-facebook.jpg
Pakaian memang sangat penting bagi wanita pun pria. Dengan fungsi awalnya hanya sebagai pelindung tubuh, kini pakaian juga berfungsi untuk memperbaiki penampilan.
Gaya berpakaian pun bermunculan setiap masa. Termasuk dengan memakai celana jeans ketat, yang terlihat trendi, namun jika digunakan dalam waktu yang lama, akan membahayakan kesehatan.
Salah satu bahaya memakai celana jeans ketat adalah bisa menimbulkan penyumbatan pada sirkulasi darah (varises).  Selain itu, bagi pria, memakai celana jeans ketat dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat produksi sperma menurun secara drastis.
Jika mengharuskan menggunakan celana/celana jeans yang ketat, baiknya menggunakan bahan yang stretch atau karet, sehingga lebih lentur dan lebih bias leluasa bergerak melakukan aktivitas dan melangkah.

3.      Makan Terlampau Cepat

Tetep sadar kamera loh!
http://www.healthsomeness.com/wp-content/uploads/2016/04/eating_too_fast.jpg
Aktivitas padat merayap laiknya kondisi jalanan ibukota, mensugesti kita untuk melakukan segala sesuatu dengan cepat, salah satunya adalah soal makan.
Makan secara cepat bisa mengakibatkan otak tidak sempat mengirim sinyal kepada sistem pencernaan. Bisa dibayangkan, jika kita suka dengan seseorang namun kita tidak memberikan sinyal atau kode ke orang tersebut, apa jadinya? 
Dalam jangka panjang, jika membiasakan makan dengan cepat, berat badan bisa meningkat drastis. Baiknya, meskipun waktu sempit, kita perlu memperhatikan makan kita karena makan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup bukan?

4.      Makan Di Meja Kerja

Aaam, padahal banyak kumannya hii..
http://i.huffpost.com/gen/1832405/images/o-EAT-LUNCH-AT-DESK-facebook.jpg
Bagi kalian para pekerja 9-5, tentu sering melakukan hal ini, ya, makan di meja kerja. Padahal, di meja kerja terdapat banyak bakteri yang bisa masuk ke makanan kita, dan membahayakan kesehatan. 
Studi di University of Arizona, menemukan fakta bahwa di meja kerja terdapat 400 kali lebih banyak bakteri dibandingkan toilet! 
Lagipula, makan diluar lebih enak, meski menggunakan sedikit tenaga, namun hitung-hitung bisa meredakan stres karena pekerjaan yang menumpuk.

5.      Minum Pakai Sedotan

Lomba sedot menyedot!
http://cdn.klimg.com/newshub.id/news/2016/01/18/37721/minum-pakai-sedotan-ternyata-bisa-jadi-terapi-berhenti-merokok-160118u.jpg
Ini dia, sering bukan kalian melakukan hal ini? minum es teh manis ataupun es jeruk, memang sebetulnya lebih enak menggunakan bantuan benda bernama sedotan. 
Namun, siapa yang memungkiri bahwa faktanya adalah minum menggunakan sedotan dapat menyebabkan perut kembung dan diare?Meminum dengan memakai sedotan memungkinkan udara berlebih masuk ke dalam perut, sehingga hal yang tak diinginkan pun terjadi. hem

6.      Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Udah pewe nih!
http://www.loohealth.com/wp-content/uploads/2015/01/sleep-on-your-stomach.jpg
Wah ini sih enak sekali ya, bagaimana tidak, tidur tengkurap itu mungkin jadi tidur ternyaman dan pasti setiap orang pernah atau bahkan sehari-hari melakukannya.
Namun, siapa sangka jika tidur dengan posisi tengkurap dapat membahayakan kesehatan? 
Tidur tengkurap bisa memicu munculnya lipatan disekitar mata, hidung, pipi dan mulut. Seiring bertambahnya umur, kolagen di lapisan kulit akan memudar dan menghilang, bisa jadi, lipatan-lipatan tersebut akan permanen!Posisi terlentang adalah posisi tidur yang paling dianjurkan :p

7.      Menggunakan Mesin Atm

"Halah, kemana pulak ATM ku ni!"
http://i.huffpost.com/gen/1396262/images/o-ATM-MACHINE-facebook.jpg
Wah, dompet kosong, lupa ambil duit! ATM lah satu-satunya jalan pintas. Mesin berkepanjangan Automatic Teller Machine yang telah ada sejak tahun 1940an ini memang sangat membantu memudahkan kegiatan dan aktivitas sehari-hari.
Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Environmental Health Perspective di Inggris mengungkapkan bahwa mesin ATM memiliki tingkat bakteri yang sama dengan jumlah bakteri di toilet umum!
Coba, siapa yang setelah melakukan transaksi di ATM mencuci tangan? jarang sekali pasti, padahal terdapat banyak bakteri pada mesin otomatis tersebut. Menggunakan handsanitaizer serta cuci tangan adalah cara untuk mengurangi risiko terserang kuman berbahaya yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit. 

Hal sepele memang terkadang bias menjadi sesuatu yang besar bahkan jika negatif, akan mendatangkan mara bahaya, bagi diri sendiri, maupun orang lain. Maka dari itu, kita sebagai manusia yang baik, agaknya lebih memperhatikan hal sepele yang berpotensi mendatangkan keburukan, tapi bukan berarti membesar-besarkan hal kecil ya :D